Pages

Monday, February 5, 2018

TUGAS SOFTSKILL 2 PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS 1

TUGAS SOFTSKILL 2
PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS 1




Image result for logo gunadarma








Disusun Oleh:
Mahsa Vebryama (13115997)
Kelas: 3KA26




·         Definisi AI
Kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah- Cerdas (H.A Simon 1987)
Suatu perilaku sebuah mesin yang jika dikerjakan oleh manusia disebut cerdas (Turing, et, ai, 1996)
Cabang dari ilmu computer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk symbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan. (Encyclopedia Britannica)
Kebanyakan ahli setuju bahwa Kecerdasan Buatan berhubungan dengan 2 ide dasar. Pertama menyangkut studi proses berpikir manusia, dan kedua berhubungan dengan merepresentasikan proses tersebut melalui mesin.
Menurut Winston dan Predergast Kecerdasan buatan untuk:
·         Membuat mesin menjadi lebih pintar
·         Membuat mesin menjadi berguna.


·         Sejarah AI
Diawal abad 20, seorang penemu Spanyol, Torres y Quevedo membuat sebuah mesin yang dapat menskakmat raja lawan nya dengan sebuah ratu dan raja.
Artikel ilmiah pertama tentang Kecerdasan Buatan ditulis oleh Alan Turing pada tahun 1950, dan kelompok riset pertama dibentuk tahun 1954 di Carnegie Mellon University oleh Allen newell and Herbert Simon. Namun bidang Kecerdasan Buatan baru dianggap sebagai bidang tersendir di konferensi Dartmouth tahun 1956, dimana 10 peneliti muda memimpikan mempergunakan computer untuk memodelkan bagaimana cara berfikir manusia. Hipotesis mereka adalah “Mekanisme berfikir manusia dapat secara tepat dimodelkan dan disimulasikan pada computer digital”  dan ini yang menjadi landasan dasar Kecerdasan Buatan. 


·         Konsep Dasar AI
Acting Humanly
Acting humanly ialah system yang melakukan pendekatan dengan menirukan tingkah laku seperti manusia yang dikenalkan pada tahun 1950 degan cara kerja pengujian melalui teletype yaitu jika penguji (integrator) tidak dapat membedakan yang mengintrogasai antara manusia dan computer maka computer tersebut dikatakan lolos(menjadi kecerdasan buatan).


Thinking Humanly
Yaitu system yang dilakukan dengan cara intropeksi yaitu penangkapan pemikiran psikologis
Manusia pada computer,hal ini sering diujikan dengan neuron ke neuron lainnya atau sel otak dengan sel otak lainnya cara pembelajarannya yaitu melalui experiment-experimen.

Thinking Rationaly
Ini merupakan system yang sangat sulit ,karena sering terjadi kesalah dala, prinsip dan prakteknya,system ini dikenal dengan penalaran komputasi.

Acting Rationaly
Yaitu system yang melakukan aksi dengan cara menciptakan suatu robotika cerdas yang menggantikan tugas manusia.


·         Contoh Studi Kasus AI
ROBOT HUMANOID

            Dilihat dari unsur pembentuk katanya, robot humanoid terdiri dari kata robot dan humanoid. Definisi robot adalah "An automatic device that performs functions normally ascribed to humans or a machine in the form of a human." Sedangkan definisi dari humanoid adalah segala sesuatu yang memiliki struktur menyerupai manusia. Maka robot humanoid dapat didefinisikan sebagai sebuah robot yang memiliki bentuk dan sejumlah karakteristik menyerupai manusia, baik keseluruhan struktur maupun pergerakan dari robot itu sendiri.
            Seperti telah disebutkan sebelumnya, robot humanoid memiliki sejumlah karakteristik menyerupai manusia. Adapun karakeristik yang dimaksud antara lain cara berjalan, pergerakan organ tubuh, bahkan emosi serta cara berpikir yang menyerupai manusia. Salah satu jenis robot yang memiliki pergerakan berdasarkan pergerakan manusia, tepatnya pergerakan tangan manusia, adalah robot manipulator.
            Robot manipulator yang biasa disebut robot industri ini merupakan suatu manipulator mekanik yang tersusun dari beberapa kerangka batang kaku yang terhubung secara seri oleh sistem penyambung revolute atau prismatic. Salah satu ujung rangkaian dihubungkan dengan pangkalan penopang (supporting base) dan ujung yang lain berupa ujung bebas dilengkapi dengan peralatan yang disebut end-effector seperti gripper, welding gun, spray gun, dan sebagainya.
            Dalam tahap perancangan pembuatan robot humanoid juga diperlukan pemahaman lebih jauh mengenai karakteristik manusia. Untuk itu diperlukan data-data seperti bentuk dan geometri tubuh serta pergerakan manusia. Dari data-data tersebut, nantinya akan diperoleh geometri tiap ruas (link), jumlah, serta letak tiap sendi (joint) yang digunakan dalam perancangan robot humanoid.

            Teknologi robot humanoid sekarang ini semakin berkembang cepat. Terutama setelah awal era robot humanoid yang diproduksi oleh Honda yaitu “Asimo”. Pada awal pembuatannya, robot – robot khususnya robot humanoid hanya dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang diperintahkan kepadanya.
            Kini, seiring berjalannya waktu robot – robot yang telah diciptakan mampu beradaptasi terhadap lingkungannya. Generasi baru dari perkembangan teknologi robot humanoid ini cukup mengejutkan dunia. Teknologi yang ditanamkan pada robot humanoid ini disebut dengan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence).


No comments:

Post a Comment